Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Memencet Jerawat Bukan Solusi untuk Menghilangkan Jerawat
Skin

Memencet Jerawat Bukan Solusi untuk Menghilangkan Jerawat

19, September 2015 15:03:00


Siapa sih yang enggak sebel dengan yang namanya jerawat. Memang sih bentuknya kecil, tapi sayangnya si kecil ini kerap tumbuh seenaknya. Bahkan kadang di ujung hidung, di atas bibir dan kadang di bagian pipi. Akibatnya, secara sadar atau tidak, kita akan tergoda untuk memencetnya karena rasa gemas yang tidak tertahankan.

Apakah kebiasaan ini akan berefek negatif?

Tentu saja iya, kebiasaan memencet jerawat, justru tidak akan bisa menjadi solusi masalah jerawat kamu. Bahkan lebih parahnya lagi, kalau kebiasaan ini terus menerus di lakukan, maka bekas luka yang ditimbulkan akibat kebiasaan memencet jerawat ini akan terlihat menghitam dan merusak keantikan wajah kamu secara keseluruhan.

Berdasarkan keterangan Jeanine B. Downie, MD, yang merupakan direktur Image Dermatology di Montclair, New Jersey, menyatakan jika kebiasaan memencet jerawat ini sangat buruk untuk kesehatan. Untuk bisa menghilangkan jerawat ini, banyak cara yang bisa dilakukan, dari mulai menggunakan produk penghilang jerawat instan, terapi laser, dan menggunakan bahan-bahan tradisional.

Perlu diketahui, sebenarnya jerawat itu diproduksi oleh sebum atau minyak alami pada kulit yang terjebak di bawah lapisan permukaan kulit. Kalau sampai sebum tersebut sampai bertemu dengan sel-sel kulit mati, maka kedua hal ini akan membentuk sebuah sumbatan atau komedo. Sedangkan ketika sebum ini bertemu dengan P. acnes, bakteri,maka ini akan menyebabkan timbulnya jerawat.

Maka dari itu, ketika kamu memencet jerawat, hal tersebut sama saja dengan memaksa kotoran tersebut keluar dengan cara merobek kulit. Ketika kamu menekan area yang berjerawat, dan kondisi tangan kamu sedang kotor, maka secara otomatis kotoran dan bakteri tersebut akan langsung masuk ke dalam lapisan kulit. Hal inilah yang kemudian akan menyebabkan infeksi dan jerawat pun akan tumbuh kembali, bahkan bisa lebih banyak dari jumlah sebelumnya.

Solusi

Untuk mengatasi masalah ini, jalan satu-satunya adalah menahan diri untuk tidak memencet jerawat. Biarkan jerawat tersebut hilang dengan sendirinya. Atau kalau memang kamu menginginkan jerawat ini terusir dengan cepat, kamu bisa mengunjungi dokter kulit atau ahli dermatologi untuk meminta saran produk seperti apa yang harus digunakan untuk bisa menghilangkan jerawat hingga tuntas.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250