Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Mencuci Wajah dengan Sabun Akan Membuat Kulit Wajah Kering
Skin

Mencuci Wajah dengan Sabun Akan Membuat Kulit Wajah Kering

26, April 2015 11:30:27


Memangnya seberapa sering sih kamu mencuci muka dengan sabun pencuci wajah? Banyak anggapan jika sering membersihkan wajah dengan sabun pencuci muka, maka kita akan mendapatkan kulit wajah yang bersih, sehat dan bebas debu. Akibatnya, beberapa orang memilih untuk mencuci wajahnya sesering mungkin dengan menggunakan produk sabun pencuci wajah.

Sebenarnya, sering mencuci muka dengan produk-produk pencuci wajah itu enggak baik lho! Alih-alih bisa mendapatkan kulit wajah yang mulus, putih dan sehat, justru kegiatan yang dianggap baik tersebut berpotensi besar merusak kulit, terlebih kalau sabun pembersih muka tersebut mengandung banyak alkohol.

Benarkah sering mencuci wajah akan membuat kulit menjadi kering?

Memang benar. Terlalu sering mencuci wajah dengan menggunakan sabun pembersih muka bisa menyebabkan kulit menjadi kering. Hal tersebut karena, pada dasarnya kulit wajah kita secara alami kulit memiliki lapisan minyak yang berfungsi sebagai pelembab alami kulit, sekaligus sebagai penghalang datangnya kotoran dan radikal bebas.

Terlalu seiring membersihkan muka dengan produk pencuci wajah, akan menyebabkan kandungan minyak alami tersebut terangkat. Hal inilah yang kemudian akan membuat kulit akan kehilangan pelembab alaminya, elastisitas dan akhirnya bencana kulit kering pun tidak bisa terhindarkan. Kondisi ini sendiri disebut dengan istilah over-cleansing.

Jika sudah begini, berbagai masalah kulit akan mudah datang, dari mulai kulit sensitif, penuaan dini, kulit kasar dan bersisik serta masalah jerawat yang tidak kunjung terselesaikan. Maka dari itu, untuk menghindari kondisi tersebut, ada baiknya kamu pelajari dulu jenis kulit kamu sebelum melakukan pembersihan wajah dengan produk pencuci wajah yang ada di pasaran.

Misalnya saja, kalau kamu pemilik kulit normal, maka anjuran terbaik adalah mencuci 2 kali sehari, di pagi dan malam  hari. Sedangkan kalau kamu pemilik kulit berminyak, kamu bisa mencuci wajah kamu 2 kali sehari dengan produk pembersih wajah yang memiliki kandungan alkohol.

Sedangkan kalau kamu pemilik kulit kering, harus hati-hati. Sebaiknya kamu cuci wajah di akhir hari tanpa menggunakan sabun pencuci wajah, dan di Malam hari dengan menggunakan produk sabun pencuci wajah yang tidak mengandung alkohol. Usahakan produk pencuci wajah tersebut memiliki kandungan susu, madu dan bahan alami lainnya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250