Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Melanin, Zat yang Memberi Warna Kulit
Skin

Melanin, Zat yang Memberi Warna Kulit

20, Januari 2016 17:57:35


Walaupun kata melanin sudah tidak asing lagi, tapi banyak orang yang masih tidak mengetahui apa itu melanin. Alhasil, banyak mitos yang membuat nama melanin seolah momok bagi wanita, misalnya saja melanin dianggap sebagai perusak kulit dan lainnya.

Padahal nih ever Ladies, melanin itu sebenarnya pigmen penting yang bertugas untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet. Melanin sendiri secara alami diproduksi oleh sel-sel pigmen yang bernama melanosit di lapisan kulit paling luar.

Inilah alasannya kenapa warna kulit kamu berbeda. Ada orang yang mampu memproduksi melanin dalam jumlah yang tinggi, hingga akhirnya warna kulitnya menjadi gelap, ada pula yang memproduksi melanin lebih sedikit sehingga warna kulitnya cenderung kuning atau putih.

Sebagai catatan, melanin sendiri tidak hanya terdapat pada kulit, tapi beberapa bagian tubuh manusia pun diketahui ikut memproduksi melanin, misalnya saja otak, telinga, mata, dan tentu saja kulit. Melanin sendiri merupakan zat yang memproduksi pigmen warna untuk rambut.

Apa sih sebenarnya fungsi melanin?

Secara garis besar, melanin bertugas untuk memberikan pigmen warna kepada kulit dan rambut. Tidak hanya itu, melanin pun berfungsi untuk melindungi tubuh dari paparan radiasi sinar UV, yang merupakan salah satu penyebab dari kanker kulit melanoma.

Karena itulah banyak penelitian yang menyatakan jika orang berkulit putih, seperti orang-orang Eropa dan Amerika, memiliki risiko 10 kali lebih besar terkena melanoma ketimbang orang-orang Afrika yang umumnya berkulit gelap.

Bagaimana kulit kita tidak gelap, tapi tetap aman dari paparan sinar UV?

Sebagaimana fungsi dari melanin untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet, kamu pun harus mampu mencarikan pengganti yang mampu berfungsi layaknya melanin. Salah satunya bisa ditempuh dengan penggunaan tabir surya.

Selain itu, konsumsi vitamin C dan E, merupakan cara terbaik untuk menekan produksi melanin, sekaligus untuk mencerahkan kulit dari dalam. Untuk orang Indonesia sendiri, rata-rata membutuhkan asupan vitamin E dalam jumlah 200-300 UI.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi everE250 yang memiliki kandungan vitamin E sebanyak 250 UI. Jumlah ini sudah dianggap ideal untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit wanita Indonesia.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250