Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Hilangkan Kebiasaan Mandi dengan Air Panas!
Skin

Hilangkan Kebiasaan Mandi dengan Air Panas!

26, Januari 2016 17:54:45


Mandi menggunakan air panas memang menyegarkan, apalagi jika dilakukan disaat udara masih dingin. Bahkan jika kamu mengalami masalah sulit tidur, mandi dengan menggunakan air panas sebelum tidur akan membuat kamu lebih tenang dan memicu timbulnya rasa kantuk.

Tapi ever Ladies, jangan terlalu sering mandi dengan air hangat ya. Pasalnya, air hangat bisa menggerus minyak alami kulit, sehingga kulit kamu pun akan menjadi kering. Ini jelas masalah besar buat kamu, terlebih jika kulit kamu termasuk dalam kategori kulit kering.

Seperti dilansir dalam BBC, ketika mandi dengan air panas, pori-pori kulit akan terbuka lebar, dan kondisi inilah yang akan membuat kotoran dikulit kamu cepat terangkat. Tapi sayang, bukan hanya kotoran saja yang akan menghilang, minyak alami dipermukaan kulit kamu pun akan tergerus habis.

Selain itu, pasca mandi dengan menggunakan air panas, pori-pori kulit kamu akan terbuka. Jelas ini sebuah kerugian pasalnya kalau nggak segera di tutup, maka pori-pori yang besar ini akan lebih mudah menjebak kotoran kembali, dan akhirnya berkumpul hingga menyebabkan jerawat.

Lebih lanjut lagi, air panas dipercaya akan mampu meningkatkan sirkulasi darah, sekaligus dapat menyebabkan sel-sel mengalami inflamasi. Kondisi inilah yang akan semakin memperburuk kondisi kulit kering, hingga bisa menyebabkan kulit terasa gatal.

Lebih parah lagi, air panas yang terlalu ekstrim pun bisa menyebabkan kamu mengalami penurunan tekanan darah yang sangat drastis. Karena itulah kamu akan merasa pusing setelah mandi dengan menggunakan air panas. Bagi penderita tekanan darah rendah, mandi air panas bisa menyebabkan kamu lebih tersiksa.

Adakah cara untuk meminimalisir risiko ini?

Seperti dilansir dalam Womenshealthmag, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi dampak buruk dari mandi air panas ini, salah satunya dengan memperhatikan suhu air yang kamu gunakan untuk mandi.

Menurut Sejal Shah MD, dermatolog dari New York, menyatakan jika suhu ideal air yang bisa kamu gunakan untuk mandi adalah suam-suam kuku. Dengan kata lain, bukan air panas yang kamu gunakan untuk mandi, melainkan air hangat.

Selain itu, mandi air hangat lebih disarankan di malam hari sebelum tidur. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan sensasi tubuh yang lebih rileks. Tentu saja dengan asumsi kamu masih menggunakan krim malam atau pelembab tubuh sebelum tidur.

Jadi kesimpulannya, kamu masih boleh kok mandi dengan air hangat, tapi tolong pahami dulu aturannya. Siap ever Ladies?




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250