Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Hati-hati, Sering Memakai Tabir Surya Bisa Menimbulkan Efek Samping Lho
Skin

Hati-hati, Sering Memakai Tabir Surya Bisa Menimbulkan Efek Samping Lho

05, Maret 2016 14:53:14


Apakah ever Ladies sering memakai tabir surya? Hati-hati, ternyata pemakaian tabir surya terlalu sering bisa menimbulkan efek samping lho. Tabir surya adalah produk perawatan yang kerap digunakan saat beraktivitas di luar ruang dan terpapar sinar matahari langsung. Ringkasnya, tabir surya berperan sebagai pelindung kulit dari sinar matahari yang memang ganas karena dapat membuat kulit mengalami sunburn, penuaan dini, dan kanker.

Namun, beberapa tabir surya malah memberi efek samping yang berisiko pada kesehatan karena kandungan didalamnya. Maksudnya, produk tabir surya yang beredar di pasaran belum semuanya aman dan terbebas dari bahan kimia yang malah mengganggu sistem hormon tubuh dan mendukung perkembangan kanker kulit. Kandungan bahan kimia berbahaya yang dimaksud seperti zinc oxidetitanium dioxidetetrasiklinfenotiazin, obat sulfa, dan lainnya.

Mungkin selama ini ever Ladies baru mendengar manfaat dari tabir surya. Karena memang belum banyak yang mengungkap efek samping penggunaan tabir surya. Untuk itu, berikut diberikan beberapa efek samping dari pemakaian tabir surya.

Alergi

Seperti yang sudah disebutkan, tabir surya mempunyai kandungan bahan kimia. Beberapa kandungan dikatakan berbahaya karena dapat menyebabkan iritasi kulit seperti kemerahan, gatal-gatal, hingga bengkak. Malah beberapa orang bisa jadi merasakan ruam dan gatal parah. Reaksi alergi ini pun kebanyakan ditemukan pada penggunaan tabir surya dengan tambahan wewangian dan pengawet. Adanya kandungan PABA dalam tabir surya menjadi pemicu reaksi alergi tingkat tinggi. Sehingga dianjurkan ever Ladies bisa lebih selektif memilih sebelum membeli.

Iritasi Mata

Tabir surya yang mengenai mata bisa menimbulkan iritasi mata. Hal ini yang dapat menjadi penyebab munculnya rasa terbakar dan lebih sensitif pada cahaya. Sejumlah pakar dermatologi menyatakan bahwa tabir surya berbahan kimia konon berisiko menyebabkan kebutaan. Bila tabir surya masuk ke mata segera cuci bersih menggunakan air dingin. Bila perlu lakukan pengobatan dan konsultasi ke dokter.

Memperparah Jerawat

Pada kulit berjerawat, pengaplikasian tabir surya dapat memperburuk kondisi jerawat. Karenanya ever Ladies bisa memiliki tabir surya formula khusus dan non komedogenik. Untuk tips lebih amannya hindari penggunaan tabir surya pada area kulit yang didapati jerawat.

Meningkatkan Risiko Kanker Payudara

Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam tabir surya mempunyai efek estrogenik khususnya pada sel kanker payudara. Hal ini berarti penggunaan tabir surya dalam frekuensi terlalu sering dan tanpa memperhatikan petunjuk penggunaan bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Nah, kini ever Ladies menjadi lebih tahu tentang efek samping penggunaan tabir surya. Semoga informasi yang diberikan kali ini bisa memberi tambahan pengetahuan bermanfaat.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250