Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Skin Awas, Bekas Jerawat Bisa Lebih Parah Karena Rokok!
Skin

Awas, Bekas Jerawat Bisa Lebih Parah Karena Rokok!

11, Oktober 2017 14:05:05


Rokok membawa pengaruh buruk untuk kesehatan dan kecantikan. Nggak peduli kamu perokok aktif atau pasif, kadar bahayanya masih sama, yakni bisa membuat wajah terlihat lebih kusam, tampak tua dan bisa memperburuk jaringan parut bekas jerawat di wajah.

Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian yang diangkat dalam pertemuan tahunan British Association of Dermatologists, di Manchester, yang menyebut jika asap rokok berpengaruh buruk pada jaringan parut sehingga bisa menyebabkan luka bekas jerawat makin parah.

Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara mengamati  992 orang responden yang berjerawat parah dan ditangani di bidang dermatologi suatu rumah sakit selama 8 tahun.

Hasilnya, dari 992 pasien dengan jerawat parah, 91 persen diantaranya memiliki jaringan parut. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53,7 persen pasien perokok dan berada di lingkungan perokok, memiliki jaringan parut yang lebih parah ketimbang mereka yang bukan perokok atau jauh dari lingkungan perokok.

Menariknya, walaupun beberapa perokok tidak memiliki bekas jerawat, faktanya para peneliti menemukan jika mereka mengalami kerusakan kulit yang jauh lebih buruk, diantaranya kulit kusam, kerutan di sekitar wajah, dan masalah kulit lainnya.

Dalam keterangannya, dr Raman Bhutani, dari Harrogate District Foundation Trust, menyebut jika penelitian ini kembali membuktikan dampak buruk dari rokok. Apapun statusnya, rokok sangat berbahaya bagi kesehatan dan kecantikan.

Bagaimana cara mengatasinya?

Untuk mencegah dampak buruk dari rokok, cara terbaik yang bisa kamu lakukan adalah, berhenti merokok dan jauh dari lingkungan perokok. Sementara untuk menyamarkan noda hitam bekas jerawat, mencegah kulit kusam dan kerutan disekitar wajah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, salah satunya perawatan dengan menggunakan scrub kopi.

Cara menggunakannya mudah kok, ambil 1-2 sdm kopi, kemudian campurkan dengan 2 sdm air perasan lemon. Aduk semua bahan tersebut hingga berbentuk pasta, dan aplikasikan ke seluruh wajah hingga rata. (Jika terlalu kental, kamu bisa menambahkan sedikit air).

Tunggu selama 15-20 menit atau hinga ramuan mengering, kemudian pijat wajah dengan gerakan melingkar untuk merontokan sisa-sisa kopi, dan bilas wajah hingga bersih. Lakukan perawatan ini 2-3 kali per hari untuk hasil yang lebih maksimal. Selamat mencoba!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250