Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Teh Hijau Mampu Mengurangi Kerusakan Pada Kulit Akibat Sinar Matahari
Food

Teh Hijau Mampu Mengurangi Kerusakan Pada Kulit Akibat Sinar Matahari

08, Oktober 2015 14:32:26


Dalam dunia kesehatan dan kecantikan, kamu pasti sudah mengetahui segudang khasiat yang dimiliki oleh Teh hijau. Teh jenis ini terbukti mengandung Epigallocatechin gallate dan antioksidan yang lebih tinggi ketimbang antioksidan yang terkandung dalam jenis teh lainnya.

Khusus untuk Epigallocatechin gallate, senyawa ini kebanyakan ditemukan dalam daun teh hijau, daun pisang, serta beberapa tanaman lainnya. Tapi sayangnya, zat ini tidak ditemukan pada jenis teh lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat Teh Hijau menjadi teh yang sangat istimewa.

Mengurangi Kerusakan Kulit Akibat Paparan Sinar UV

Berdasarkan penelitian penelitian yang dilakukan oleh University of Wisconsin, Epigallocatechin gallate merupakan senyawa yang mampu menghentikan kerusakan genetik yang terjadi pada kulit manusia akibat dari terus menerus terpapar sinar UV. Tidak hanya itu, Epigallocatechin gallate juga berkhasiat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Selain Epigallocatechin gallate, dalam teh hijau terdapat antioksidan yang terkuat yang disebut dengan catechin. Untuk membuktikan ketangguhannya, banyak penelitian yang dilakukan tentang manfaat teh hijau, di mana semua penelitian tersebut membuktikan jika teh hijau dinilai efektif untuk menetralkan radikal bebas yang selama ini menjadi sumber datangnya masalah kulit.

Rutin mengonsumsi teh hijau, minimalnya dua cangkir sehari, akan membuat tubuh kamu kebal terhadap radikal bebas, dan paparan sinar UV. Atas pertimbangan inilah, akhirnya banyak ahli kulit menyarankan kepada kita untuk menggunakan produk kulit teh hijau sebagai tabir surya alami untuk memaksimalkan efek perlindungan terhadap terpaan sinar matahari.

Catatan penting

Sebagai catatan, selama ini banyak orang yang salah kaprah tentang minum teh. Mereka kebanyakan akan mencampurkan gula ke dalam teh mereka sebagai pemanis, tujuannya sudah jelas, untuk menghilangkan ras teh hijau yang terasa kesat dan sedikit pahit.

Cara ini sendiri merupakan cara yang kurang tepat, karena efek gula dalam teh hijau ini justru akan mengikat cairan dan akan menyebabkan kulit kamu malah menjadi kering. Selain itu, konsumsi gula berlebihan juga menjadi penyebab timbulnya kulit kering, dan masalah jerawat.

Teh hijau sebaiknya disajikan dalam seduhan pertama tanpa dicampur dengan gula tambahan. Kalaupun kamu ingin menghilangkan rasa kesat dan pahit dari teh hijau, kamu bisa gunakan gula jagung atau gula yang tidak mengandung kalori.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250