Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Tahu: Alternatif Protein untuk Kamu yang Vegetarian
Food

Tahu: Alternatif Protein untuk Kamu yang Vegetarian

11, Januari 2016 17:48:00


Bagi kamu pelaku gaya hidup vegetarian, menjauhi produk-produk hewani merupakan keharusan. Tapi sayang, masih banyak yang bingung bagaimana seorang vegetarian bisa nyaman dan bahkan terlihat lebih sehat, padahal dia juga kan manusia yang masih butuh protein sebagai penunjang kehidupan?

Nah ever Ladies, kalau kamu saat ini sedang mempersiapkan diri untuk belajar menjadi seorang vegetarian, tapi masih bingung darimana sumber asupan protein, jangan khawatir karena kamu bisa mendapatkannya dalam makanan olahan kedelai, seperti tahu dan tempe.

Seperti dilansir dalam Daily Mail, David L. Katz, MD, pakar nutrisi dari Yale University School of Medicine, menyatakan jika Tahu merupakan sumber protein terbaik untuk vegetarian. Pasalnya, dalam tahu terkandung semua asam amino esensial yang terkandung dalam daging.

Menurut David, tubuh manusia rata-rata membutuhkan sekitar 4 gram protein per 1/2 kilogram berat badan tiap harinya. Asupan protein ini sendiri bisa didapat dari sebungkus tahu atau beberapa potong daging dan produk olahan hewan lainnya seperti susu dan keju.

David menambahkan, kedelai sendiri merupakan bahan makanan yang sangat kaya akan protein. Karena itulah, kalau kamu ingin menjadi seorang vegetarian, maka pilihan terbaik sebagai sumber pengganti protein hewan, bisa kamu serahkan seluruhnya kepada tahu.

Bagaimana dengan pilihan kedelai olahan lainnya?

Lebih jauh lagi, David menyatakan jika kedelai, yang merupakan bahan utama pembuatan tahu, merupakan inti dari kandungan protein dalam sumber protein tersebut. Walaupun begitu, ada perbedaan kandungan nutrisi sesuai dengan cara pengolahannya.

Misalnya kandungan omega 3 dalam kedelai akan cenderung menurun jika terpapar cahaya. Walaupun begitu, jumlah dan kualitas asam amino yang terkandung dalam makanan olahan kedelai lainnya, masih relatif sama. Misalnya, tahu dan susu kedelai, memiliki kandungan protein yang per gramnya.

Sementara itu, David menjelaskan jika mitos mengenai semua orang harus mengonsumsi protein setiap kalau makan merupakan hal yang keliru, pasalnya protein bisa didapatkan di mana saja, dan bisa dikonsumsi kapan saja, termasuk digunakan sebagai camilan.

Jadi bagaimana ever Ladies, masih ragu untuk menjadi vegetarian? Harusnya nggak dong!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250