Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Pengen Cantik dan Sehat, Kenali Batas Tolerasi Konsumsi Garam
Food

Pengen Cantik dan Sehat, Kenali Batas Tolerasi Konsumsi Garam

24, Mei 2017 16:32:11


Kita sudah sering mendengar paparan para ahli yang merekomendasikan untuk mengurangi asupan garam per hari. Menurut rekomendasi American Heart Association (AHA), jumlah konsumsi garam yang idealnya adalah, 1,5 gram per hari atau sekitar setengah sendok teh.

Tapi faktanya, menurut penelitian terbaru menyebut jika kebanyakan orang mengkonsumsi setidaknya 3,4 gram per hari. Bahkan dalam penelitian lainnya, disebutkan jika rata-rata konsumsi garam bisa lebih dari 5 gram per hari. Sumber garam ini didapat dari camilan asin, kuah sup dan lainnya.

Apakah itu berbahaya?

Dilansir dalam Mens Journal, konsumsi garam atau sodium dalam jumlah yang tinggi, berkaitan erat dengan peningkatan risiko penyakit darah tinggi, serangan jantung dan stroke. Selain itu, garam berlebih pun sangat buruk bagi kesehatan kulit.

Tapi anda nggak perl u khawatir dengan ini. Pasalnya, sebuah penelitian terbaru mengatakan jika asumsi konsumsi garam harus sekitar 1,5 gram per hari, terlalu berlebihan. Survey terhadap 100 ribu orang dewasa berusia 35 s/d 70 tahun, menyebut jika konsumsi lebih banyak garam tidaklah terlalu buruk.

Tentu saja dengan catatan, kamu tidak memiliki masalah tekanan darah tinggi, dan penyakit yang berhubungan dengan kandungan garam tinggi. Selain itu, kamu pun harus masuk dalam kategori aktif secara fisik untuk bisa menikmati konsumsi garam, sedikit lebih tinggi ketimbang yang disarankan.

Dalam penelitian tersebut, disebutkan jika 90 persen responden diketah ui mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi, atau sekitar 6 gram per hari. Sementara orang yang mengonsumsi garam dalam kategori sedang, kebanyakan mengonsumsi 3 s/d 6 gram garam per hari.

Setelah diteliti, para peneliti memang melihat adanya peningkatan tekanan darah pada mereka yang mengkonsumsi garam dalam jumlah tinggi. Tapi untuk kategori yang mengkonsumsi garam dalam jumlah sedang, jumlah tersebut tidak berdampak pada kenaikan tekanan darah.

Menurut Andrew Mente, profesor epidemiologi dari Universitas McMaster, Kanada, penelitian ini membuktikan jika anjuran untuk mengurangi asupan garam hingga 1,5 gram per hari, terlalu berlebihan untuk mereka yang masuk dalam kategori bebas tekanan darah tinggi.

Walaupun begitu, Andrew tetap menyarankan untuk mengurangi asupan garam jika kamu masuk dalam kategori pengonsumsi garam dalam jumlah tinggi (lebih dari 6 gram per hari). So, sudah tahu berapa batas toleransi garam yang boleh kamu konsumsi ever Ladies?

 




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250