Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Panduan Memilih Menu Makan Sehat Saat Idul Fitri
Food

Panduan Memilih Menu Makan Sehat Saat Idul Fitri

04, Juni 2017 10:59:29


Saat Idul Fitri, banyak makanan enak yang disajikan sebagai penyemarak hari Lebaran. Sayang, diantara makanan tersebut, kebanyakan mengandung tinggi gula, santan dan tinggi kolesterol. Jelas ini bukan kabar baik buat Anda yang sedang berusaha disiplin menjalankan gaya hidup sehat.

Tapi nggak perlu khawatir ever Ladies, dengan beberapa trik di bawah ini, memilih menu sehat selama Idul Fitri bukanlah hal yang sulit dilakukan.

Waspada Santan

Opor, gulai dan lainnya, merupakan menu khas lebaran yang dipenuhi dengan santan. Waspadai makanan-makanan ini agar tidak meninggalkan efek buruk. Cara terbaik adalah, batasi konsumsi makanan-makanan dengan kandungan santan yang tinggi.

Perhatikan Porsi Makan

Nggak cuma santan, lebaran pun identik dengan makanan tinggi gula dan tinggi kolesterol. Agar tetap sehat tanpa harus kehilangan moment spesial menikmati makanan enak, sebaiknya batasi porsi hidangan yang ada dihadapan Anda. Cukup makan sedikit tapi bervariasi!

Atur Jadwal Makan

Sebaiknya atur jadwal makan Anda. Misalnya, saat sarapan sebaiknya konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, tinggi protein dan serat. Setelah itu, baru Anda bisa berkeliling untuk bersilaturahmi, sambil icip-icip makanan yang disajikan. Ingat, cuma icip-icip saja!

Jangan Lupa Sayur dan Buah

Pastikan Anda mengonsumsi sayur dan buah dalam jumlah yang cukup. Selain kandungan seratnya yang tinggi, buah dan sayur pun efektif untuk menyerap kelebihan kolesterol dalam tubuh, kemudian membuangnya lewat sistem pencernaan.

Minum Cukup Air Putih

Selain buah dan sayur, Anda pun dituntut untuk mencukupi kebutuhan air putih. Idealnya, Anda butuh setidaknya 2 liter air putih per hari. Sebagai tambahan, konsumsi buah dan sayur dengan kandungan air yang tinggi, seperti mentimun, tomat, semangka, melon dan lainnya.

Lakukan Aktifitas Fisik

Jangan lupa untuk tetap melakukan aktifitas fisik selama lebaran. Kalau malas untuk berolahraga, simpan kendaraan bermotor Anda, dan kunjungi tetangga atau sanak saudara dengan berjalan kaki atau menaiki sepeda.

Bagaimana ever Ladies, ternyata sangat mudah bukan memilih menu sehat selama Idul Fitri. So, jangan khawatir dan nikmatilah hari raya Anda. Selamat berlebaran!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250