Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Mengenal Lebih Jauh Tentang Apel Dan Manfaatnya Bagi Kulit
Food

Mengenal Lebih Jauh Tentang Apel Dan Manfaatnya Bagi Kulit

01, Januari 2014 11:44:39


Apel merupakan jenis buah-buahan yang dihasilkan dari pohon buah apel. Buah ini memiliki kulit buah yang agak lembek dan daging buah yang keras. Pohon apel pertama kali ditanam di benua Asia Tenggara. Namun, kini apel mulai dikembangbiakkan di banyak daerah yang memiliki suhu yang rendah, yakni daerah yang udaranya lebih dingin dibanding daerah lainnya. Buah apel sangat bagus dimakan mentah dan digunakan sebagai makanan penutup. Namun, ada juga yang mengolah apel menjadi saus apel dan minuman sari buah apel.

 

 

Saat ini ada beberapa jenis buah apel yang beredar dipasaran, antara lain: apel merah, apel kuning, granny smith, apel fuji, apel malang, dan apel manalagi. Apel merah merupakan jenis buah apel yang paling sering dijumpai dimana saja. Apel merah ini memiliki kulit buah yang warnanya menggoda para penikmatnya.

 

Apel kuning berasal dari Negara Amerika dan biasanya dikonsumsi untuk pai dan dibuat saus apel. Granny Smith, salah satu jenis apel yang asing terdengar di telinga Anda. Apel jenis ini berasal dari negara dan benua Australia. Apel ini mempunyai warna hijau pada kulitnya, berukuran sedang dan memiliki rasa masam. Apel jenis ini juga sering dijadikan sebagai bahan pelengkap masakan.

 

Apel fuji merupakan jenis apel yang berasal dari Selandia Baru dan memiliki rasa yang manis dan paling segar diantara jenis apel lainnya. Apel malang adalah apel lokal Indonesia yang banyak ditanam di daerah Kota Malang dan sering dibuat menjadi keripik apel. Dan apel manalagi merupakan jenis apel yang sering dijumpai di masyarakat dan memiliki kulit buah berwarna hijau.

 

Buah apel mempunyai manfaat yang sangat besar bagi tubh, antara lain: mencerdaskan otak, mencegah osteoporosis, mengobati rematik, mengembalikan stamina, membantu kerja usus halus, menyehatkan saluran pencernaan, mencegah dan mengobati asma, menyehatkan mata, menyehatkan jantung, mencegah dan mengobati anemia, dan mampu menurunkan kolesterol.

 

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, buah apel juga bermanfaat bagi kecantikan kulit, antara lain:

1. Mencegah Kulit Berminyak Dan Jerawat

Caranya dengan mencampurkan parutan dengan madu. Lalu, mengoleskan ke wajah secara merata dan didiamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air dingin.

2. Melembabkan Kulit

Caranya dengan mencampurkan parutan buah apel dengan madu dan gunakan sebagai masker. Tunggu masker hingga kering waktu di aplikasikan pada wajah. Jika sudah kering bilas dengan air dingin dan lakukan secara rutin.

3. Mengurangi Keriput Pada Wajah

Buah apel berkhasiat menghaluskan kerutan pada wajah dan berfungsi sebagai pembersih wajah. Caranya masih sama dengan cara sebelumnya namun bisa hanya menggunakan parutan apel tanpa campuran madu. Lalu, diamkan selama 15 menit, dan bilas menggunakan air hangat. Gunakan masker ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Itulah beberapa manfaat dari mengkonsumsi maupun mengaplikasikan buah apel pada kulit. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, konsumsilah buah apel secara rutin mulai sekarang. Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250