Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur agar Tubuh Tidak Lemas
Food

Konsumsi Makanan Ini Saat Sahur agar Tubuh Tidak Lemas

28, Mei 2017 16:29:00


Kalau selama berpuasa kamu merasa cepat lapar dan haus, tubuh terasa sangat lemas dan konsentrasi hilang, jangan pernah salahkan ini karena puasa. Mungkin saja ini disebabkan karena menu sahur kamu kurang tepat, atau tidak sesuai dengan anjuran dari para pakar.

Menurut Tirta Prawira Sari, dokter Spesialis Gizi Klinik, tubuh yang lemas dan merasa cepat lapar selama berpuasa, mungkin saja disebabkan karena konsumsi makanan yang kurang tepat selama makan sahur. Misalnya, terlalu fokus memperbanyak nasi, dan mengurangi asupan protein.

Pola makan ini justru kurang tepat. Lebih lanjut lagi, Tirta justru menyarankan kamu memperbanyak konsumsi makanan tinggi protein, dan sayuran. Menurutnya, kedua jenis makanan ini akan membuat proses mekanisme pencernaan berlangsung lebih lambat ketimbang makanan tinggi karbohidrat.

Selain protein dan serat, sebenarnya ada jenis karbohidrat yang tergolong sangat lambat dicerna tubuh dan bisa membuat perutmu kenyang lebih lama, dia adalah golongan karbohidrat kompleks, seperti roti gandum, kentang rebus, nasi merah dan biji-bijian.

Agar menu sahur lebih bervariasi dan sehat, kamu pun disarankan untuk memadukan kombinasi antara nasi putih dan biji-bijian. Contohnya saja nasi yang dicampur dengan kacang-kacangan. Selain itu, kamu pun bisa memasak nasi jagung dan variasi lainnya.

Perhatikan porsinya

Selain memperhatikan menu dan cara memasaknya, kamu pun dituntut untuk mengonsumsi menu sahur yang bergizi seimbang, termasuk di dalamnya mengandung karbohidrat, vitamin, protein dan mineral.

Contohnya saja, dalam satu piring, setengahnya harus diisi dengan sayuran dan makanan tinggi protein, seperti ikan, daging, telur, kacang-kacangan dan lainnya. Sementara sisanya, kamu bisa memasukkan unsur karbohidrat seperti roti gandum, kentang rebus, jagung dan tambahan nasi putih.

Jangan lupa, setelah mengonsumsi makanan berat, konsumsi juga buah-buahan sebagai sumber vitaminnya. Khusus untuk menu makan sahur, beberapa buah yang direkomendasikan adalah alpukat, pisang, apel, semangka, melon dan lainnya.

Sementara untuk minumannya, Tirta menyarankan kamu untuk fokus kepada konsumsi air putih saja. Selain itu, sebaiknya hindari minuman seperti teh, kopi dan minuman bersoda. Kenapa? karena minuman tersebut bisa membuat kamu cepat kehilangan cairan. Bagaimana ever Ladies, sudah siap berpuasa?




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250