Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Kacang-kacangan Bisa Membantu Perbaikan Sel Kulit dan Kolagen
Food

Kacang-kacangan Bisa Membantu Perbaikan Sel Kulit dan Kolagen

16, Juli 2015 12:34:35


Entah kenapa, konsumsi kacang-kacangan selalu identik dengan timbulnya jerawat. Hampir di setiap daerah, mitos yang menyatakan kacang tanah penyebab jerawat terdengar. Akibatnya, banyak orang yang membatasi konsumsi kacang, sampai dengan tidak mau mengonsumsi kacang karena takut berjerawat.

Terlepas dari mitos tersebut, kacang-kacangan tetaplah salah satu jenis makanan yang banyak memiliki khasiat untuk tubuh. Baik itu untuk kesehatan, ataupun untuk menjaga kecantikan kulit. Tidak hanya itu, bahkan menurut beberapa penelitian, menyebutkan jika kandungan protein dalam kacang tanah, jauh lebih tinggi dari kandungan protein dalam telur, daging dan kacang soya.

Hal inilah yang akhirnya menjadikan kacang baik untuk dijadikan sebagai sumber protein untuk para vegan atau pemilik perilaku pola makan vegetarian (hanya memakan sayur-sayuran dan produk-produk olahannya).

Mengenal kacang dan kandungan di dalamnya

Kacang merupakan salah satu jenis tanaman polong-polongan. Di antara sekian banyak jenis kacang, kita mengenal kacang kedelai yang disebut juga sebagai raja dari segala kacang. Setelah itu, kemudian ada kacang tang dan kacang jenis lainnya yang tergolong  jajaran elit di kelompok kacang-kacangan.

Di dalam hampir semua jenis kacang, kita akan menemukan beberapa zat penting bagi tubuh, salah satunya adalah lemak baik, protein, zat besi, vitamin E dan kalsium. Selain itu, kacang-kacangan juga mengandung vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, kaolin, lesitin dan kalsium.

Khasiat kacang untuk kesehatan

Di dalam kacang tanah, terdapat bahan yang bisa membina ketahanan tubuh dan mampu mencegah timbulnya beberapa penyakit berbahaya. Bahkan menurut beberapa penelitian, menyebutkan jika terbiasa mengonsumsi satu ons kacang tanah selama lima kali seminggu, dapat menurunkan terjadinya penyakit jantung.

Tidak hanya itu, kacang-kacangan juga mampu membantu memperbaiki sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan, baik itu karena kecacatan atau akibat dari paparan radikal bebas. Hal tersebut karena, selama proses pencernaan, segala hal yang terkandung dalam kacang, terutama protein, akan lebih mudah terurai menjadi asam amino, yang merupakan blok pembangun sel.

Nah, Asam amino inilah yang kemudian akan membantu anda untuk mempercepat perbaikan dan meregenerasi sel kulit mati dan kolagen.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250