Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Ini Alasan Kenapa Makanan untuk Kulit Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Segar
Food

Ini Alasan Kenapa Makanan untuk Kulit Sehat Sebaiknya Dikonsumsi Segar

14, Januari 2017 12:02:07


Agar aman dan nggak menimbulkan penyakit, beberapa jenis makanan memang disarankan untuk dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Misalnya saja daging, ikan atau makanan lainnya. Selain untuk mengusir bakteri dan zat berbahaya di dalamnya, memasak makanan pun dilakukan agar rasa makanan ini lebih lezat.

Tapi ingat ever Ladies, nggak semua bahan makanan harus dimasak dulu sebelum masuk ke perut. Contohnya saja sayuran dan buah-buahan. Kedua makanan ini lebih baik dikonsumsi ketika masih segar alias dimakan langsung tanpa dimasak dulu.

Lho, kok bisa seperti itu sih?

Jangan heran ever Ladies. Dilansir dalam foxnews, Tanya Zuckerbrot, seorang pakar diet dan nutrisi dari Amerika Serikat, menyebutkan jika makanan seperti sayuran dan buah-buahan memang harus dimakan ketika masih segar, alias tanpa harus dimasak terlebih dahulu.

Bukan tanpa alasan, Zuckerbrot menyebutkan jika keputusan untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam kondisi segar didasarkan kepada fakta bahwa sayuran mengandung beberapa nutrisi yang mudah menguap ketika dimasak dalam panas yang tinggi.

Dengan kata lain, saat kamu mengonsumsi sayuran yang sudah dimasak hingga sangat layu, pada dasarnya yang sedang kamu lakukan adalah mengonsumsi sampah alias makanan yang sudah kehilangan sebagian besar kandungan nutrisinya. Sangat disayangkan bukan?

Contohnya brokoli. Sayuran hijau yang satu ini sudah terbukti mengandung sulforafane, yang merupakan bahan kimia yang bertindak sebagai antikanker. Tapi sayang, proses memasak yang terlalu panas justru akan merusak enzim mirosinase dalam brokoli dan menghilangkan kandungan sulforafane-nya.

Walaupun begitu, bukan berarti kamu harus memakan sayuran dan buah-buahan dalam kondisi mentah, pasalnya ada beberapa sayuran yang memang sangat baik dikonsumsi setelah dimasak. Tapi dengan catatan, kamu harus memasaknya dengan cara yang tepat.

Misalnya tomat. Kamu bisa memasaknya dengan cara direbus atau ditumis dalam minyak zaitun. Cara ini sangat efektif untuk mendongkrak likopen dalam tomat, yang berfungsi juga sebagai antikanker. Selain itu, brokoli bisa dimasak dengan cara di kukus, dan jagung lebih baik dimasak dengan cara di rebus.

Selain itu, semua proses memasak sayuran tersebut nggak boleh terlalu lama. Cukup smapai layu saja, kecuali untuk jagung, dimana makanan kaya karbohidrat baik ini akan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi ketika dimasak hingga benar-benar matang.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250