Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Hati-hati ever Ladies, Sayur dan Buah Ini Punya Banyak Residu Pestisida!
Food

Hati-hati ever Ladies, Sayur dan Buah Ini Punya Banyak Residu Pestisida!

26, Mei 2017 16:31:18


Walaupun tergolong makanan sehat, mulai sekarang kamu harus waspada dengan stroberi dan bayam. Bukan tanpa alasan, menurut laporan dari Environmental Working Group (EWG), sayur dan buah tersebut masuk dalam daftar makanan paling banyak terkontaminasi sisa pestisida sintetis.

Dilansir dalam time.com, penemuan ini merupakan bagian dari daftar Dirty Dozen dan Clean Fifteen 2017, dimana di dalamnya mengulas daftar makanan paling banyak dan paling sedikit terkontaminasi pestisida, dari sekitar 36 ribu sample dari 48 jenis produk yang ditanam secara konvensional.

Untuk menjamin akurasi daftar, EWG bekerjasama dengan United States Department of Agriculture (USDA), terhadap lebih dari 36 ribu sampel dari 48 jenis produk yang ditanam secara konvensional.

Dalam pernyataannya, Dr. Philip Landrigan, pakar dari Mt Sinai School of Medicine, menjelaskan jika paparan pestisida bisa sangat berbahaya bagi anak-anak hingga dewasa. Menariknya, pengaruh pestisida ini bisa terasa, walaupun dalam jumlah[MZ1]  paparan yang sangat sedikit.

Dalam studi tersebut, EWG menyebut jika stoberi merupakan buah yang paling banyak terkontaminasi pestisida. Bahkan gelar ini berhasil diraih stoberi selama 2 tahun berturut-turut, setelah sebelumnya gelar ini disandang oleh apel selama 5 tahun berturut-turut.

Lebih lanjut lagi, Philip menjelaskan jika alasan paparan residu pestisida meningkat tajam pada stroberi karena, permintaan pasar terhadap buah stroberi mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan permintaan ini masih terus tinggi, meskipun di luar musim panen.

Selain stroberi, EWG pun memasukan bayam dan buah nectarine dalam daftar bahan makanan dengan paparan pestisida yang cukup tinggi. Bahkan khusus bayam, sayuran ini merangkak naik dari posisi awal di peringkat delapan, sekarang berada di peringkat dua.

Di posisi berlainan, data yang diperoleh EWG menempatkan Jagung manis di posisi pertama sebagai produk yang ditanam secara konvensional, tapi aman dikonsumsi. Selanjutnya, ada alpukat  yang di tahun lalu ada di posisi atas, kini turun di posisi dua setelah jagung.

Apakah ini artinya kita harus konsumsi makanan organik?

Memilih sayuran dan buah organik merupakan salah satu alternatif yang bisa kamu pilih. Tapi selain itu, kamu pun bisa menghindari dampak negatif dari pestisida dengan mencuci bersih sayuran dan buah-buahan sebelum mengonsumsinya.

Agar bersih maksimal, gunakan sabun khusus pencuci sayuran dibawah air yang mengalir. Dengan demikian, sisa-sisa pestisida dalam sayuran dan buah yang akan dikonsumsi bisa terbuang maksimal. Selamat mencoba!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250