Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Faktor Dan Cara Atasi Timbulnya Penuaan Dini
Food

Faktor Dan Cara Atasi Timbulnya Penuaan Dini

04, Maret 2014 10:18:26


Penuaan dini biasanya terlihat ketika kulit terlihat kering, pecah-pecah, bersisik, kasar, dan disertai dengan tampak keriput serta timbulnya flek dan noda hitam (terutama di bagian wajah). Ladies, setiap orang khususnya para wanita tentu tidak ingin mengalami penuaan dini. Semua orang ingin terlihat awet muda. Jangankan penuaan dini, banyak orang yang melakukan beragam cara supaya kondisi fisiknya masih terlihat 20-30 tahun lebih muda meskipun usia mereka telah menginjak usia senja. Makanya penuaan dini sangat dihindari dan dibenci. Penuaan dini khususnya yang tampak pada kulit daerah terbuka seperti wajah dan tangan sebenarnya merupakan sebuah peringatan dini dari kemungkinan bahaya lanjutan yang tengah mengancam.

Penuaan dini bisa terjadi karena beberapa faktor, yaitu:

1. Radikal Bebas

Ladiesradikal bebas merupakan efek dari adanya polusi lingkungan, pemakaian air yang tercampur dengan bahan-bahan kimia, perubahan cuaca yang ekstrem serta faktor lainnya yang bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan kolagen. Radikal bebas merupakan molekul ganas yang menggerogoti sel-sel tubuh termasuk didalamnya jaringan kolagen. Untuk mencegahnya Ladies, Anda bisa mengonsumsi banyak makanan yang mengandung vitamin seperti buah-buahan dan sayuran serta menjalankan diet yang mengandung protein tinggi.

2. Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan faktor eksternal yang cukup memberikan pengaruh signifikan bagi seseorang yang menderita penuaan dini. Waktu yang paling berbahaya untuk dihindari ialah ketika sinar ultra violet berada pada titik kulminasinya yakni antara jam 10.00-15.00. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan tabir surya pada bagian wajah dan bagian tubuh lainnya yang terbuka untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari secara langsung.

3. Kelembaban Udara

Ternyata penuaan dini disebabkan juga oleh kelembaban udara yang tidak stabil. Ladies, cara untuk melindungi kelembaban kulit terutama bagi orang yang hidup di daerah tropis yang terkenal memiliki kelembaban udara tidak stabil ialah dengan cara menggunakan pelembab yang bisa mempertahankan kadar air di dalam kulit. Sedangkan untuk melindungi kelembutan kulit, Anda bisa menggunakan pelembab di wajah dan body lotion yang tentunya sesuai dengan jenis kulit Anda. Pilihlah bahan pelembab yang mengandung humektan sebagai pengikat air atau asam alfa-hidroksi A-HA.

Berikut adalah beberapa cara menanggulangi penuaan dini, antara lain:

  1. Minum air putih secara rutin. Air putih termasuk asupan gizi bagi manusia yang paling primer karena sebagian besar tubuh manusia terbentuk oleh air atau cairan. Dan juga Ladies, air putih/air mineral memiliki pH (tingkat keasaman) netral, sehingga baik dikonsumi oleh tubuh untuk membantu metabolisme dan proses pencernaan yang masuk ke dalam lambung.
  2. Hindari polusi. Usahakan agar Anda dapat menekan polusi asap yang masuk kedalam tubuh baik itu asap rokok maupun asap kendaraan bermotor. Yaitu dengan tidak merokok maupun menghindari perokok agar tidak menjadi perokok pasif. Dan, menggunakan masker/penutup hidung ketika harus berkendaraan di luar.
  3. Olah raga teratur. Maksudnya adalah menggerakkan tubuh dengan irama yang berpola pada waktu khusus dan telah ditentukan secara rutin. Olah raga atau menggerakkan tubuh ini setiap harinya bisa hanya dilakukan selama 10 hingga 15 menit, tapi harus dilakukan secara optimal sehingga mampu melatih organ tubuh seperti jantung, paru-paru dan juga membantu fungsi hati dalam menetralisir racun dengan mengeluarkannya lewat keringat.

Oleh karena itu Ladies, cegah penuaan dini mulai sekarang. Jangan sampai anda menyesal di kemudian hari. Semoga artikel ini memiliki makna tersendiri bagi para pembaca sehingga memotivasi mereka untuk melakukannya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250