Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Bingung Mengukur Makanan Saat Diet? Begini Cara Termudahnya!
Food

Bingung Mengukur Makanan Saat Diet? Begini Cara Termudahnya!

15, Juli 2017 17:20:09


ever Ladies, selain harus memperhatikan menu makananmu, saat diet pun kamu wajib memperhatikan takaran makanan yang masuk ke tubuhmu. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari kebiasaan makan berlebih, atau justru malah kekurangan nutrisi.

Tapi sayang, kebanyakan orang kerap malas jika dihadapkan dengan hitung-hitungan matematika yang rumit. Alih-alih berhasil, justru karena malas menghitung ini banyak orang yang akhirnya bosan dan lebih memilih untuk berhenti diet.

Sebenarnya ada nggak cara mudah menghitung menu diet?

Tentu saja ada. Dilansir dalam Mensjournal, cara paling gampang dalam mengukur menu kebutuhan diet adalah dengan menggunakan metode tangan. Caranya mudah kok, bahkan jauh lebih sederhana ketimbang hitung-hitungan berdasarkan timbangan.

Caranya, pertama buka telapak tangan, dan ambil makanan yang akan kamu olah sebagai menu diet. Umumnya, satu telapak tangan kurang lebih setara dengan satu dada ayam atau dua potong tempe. Hitungan satu telapak tangan merupakan kebutuhan protein kamu per menu.

Sementara untuk sayuran, porsi yang kamu butuhkan kurang lebih sebanyak satu kepalan tangan. Misalnya saat menyantap brokoli, kamu bayangkan saja sebesar apa brokoli atau bayam dalam porsi satu kepalan tangan. Gimana ever Ladies, cukup mengenyangkan bukan?

Nah untuk karbohidrat sendiri, porsinya kurang lebih sebesar ukuran tangan ketika membentuk mangkuk. Kamu bisa menempatkan sepotong ubi di situ, atau ukurannya setara dengan 4-5 sendok nasi, setara dengan sepotong buah yang kaya karbohidrat, seperti alpukat dan pisang.

Sementara untuk kebutuhan lemak, porsi yang kamu butuhkan hanya sebesar jempol saja. Dengan cara ini, kamu akan mampu memenuhi kebutuhan harian deit, tanpa harus bingung dengan hitung-hitungan matematika yang ribut dan membingungkan.

Maksimalkan dengan olahraga

Selain dengan memperhatikan asupan makanan, baik jenis dan jumlahnya, kamu bisa memaksimalkan diet dengan berolahraga. Setidaknya, aktivitas fisik yang kamu butuhkan adalah 30 menit per hari. Sementara untuk jenis olahraganya, disarankan olahraga jenis kardio, seperti lari atau jalan cepat.

Jika kamu terlalu sibuk, gunakan aktivitas fisik harian sebagai sarana untuk membakar kalori, seperti mengepel, berjalan menaiki dan menuruni tangga, mencuci dengan cara manual dan lainnya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250