Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Bener Nggak Sih Cokelat Bisa Sebabkan Jerawat?
Food

Bener Nggak Sih Cokelat Bisa Sebabkan Jerawat?

17, Januari 2017 12:01:40


Kamu pencinta cokelat? Jangan malu ever Ladies. Makanan yang satu ini tidak hanya digemari anak-anak dan remaja saja lho, orang yang masuk dalam kategori dewasa pun menyukasi makanan yang satu ini. Bagaimana tidak, rasanya yang unik akan membuat siapa saja jatuh cinta dengan pesonanya.

Satu hal yang paling menarik, banyak penelitian yang telah membuktikan jika cokelat kaya akan manfaat, termasuk mampu meningkatkan mood, mengusir stress, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hingga dimasukan dalam daftar camilan sehat bagi mereka yang sedang diet.

Tapi apa benar cokelat bisa menyebabkan jerawat?

Faktanya, ternyata mengonsumsi cokelat tidak akan membuat kulitmu berjerawat. Pasalnya, fungsi cokelat hanya sebagai obat penenang alami untuk meredakan stress. Hal ini tercipta karena di dalam cokelat ada sebuah zat yang bernama phenlethylamine yang fungsinya mirip amphetanine.

Phenlethylamine dalam cokelat inilah yang kemudian akan membuat otak dengan mudah menyerap triptofan hingga akhirnya menghasilkan dopamine, sebuah hormon yang akan memunculkan perasaan senang dan memperbaiki suasana hati.

Tapi sayangnya, kebanyakan produk cokelat yang dijual di pasaran sudah dicampur dengan gula dan krim. Di sisi lain, sudah banyak penelitian yang membuktikan jika konsumsi makanan dengan kandungan gula tinggi akan memicu terjadinya jerawat.

Fakta ini pun diamini oleh Mona Gohara, MD, selaku profesor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, yang menyebutkan jika makanan dengan indeks glikemik tinggi sangat mungkin untuk meningkatkan kadar kortisol darah hingga akhirnya dapat memperburuk jerawat.

Dengan kata lain, seperti dilansir dalam health.com, Gohara setuju jika cokelat tidak akan membuat kamu jerawatan. Pasalnya, yang membuat cokelat dituding sebagai biang kerok kemunculan jerawat adalah, kandungan gula dan krim yang terkandung dan produk cokelat kemasan.

Sementara itu, Marguerite Germain, MD, selaku dermatolog di Charleston, Carolina Selatan, menyarankan kamu untuk memilih produk cokelat yang kandungannya mencapai 70 persen dan rendah kandungan gula. Dengan begitu, risiko timbulnya jerawat saat mengonsumsi cokelat bisa diminimalisir.

Melihat informasi di atas, bisa kita simpulkan jika cokelat sebenarnya tidak menyebabkan jerawat. Yang membuat cokelat seolah-olah bisa menimbulkan jerawat adalah, kandungan gula dan krim yang kerap digunakan sebagai campuran produk cokelat. Setuju ever Ladies?




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250