Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Apa Saja yang Mempengaruhi Daya Serap Tubuh Terhadap Asupan Nutrisi?
Food

Apa Saja yang Mempengaruhi Daya Serap Tubuh Terhadap Asupan Nutrisi?

08, April 2016 12:00:47


Bicara masalah makanan super bagi kulit, tentu semuanya tidak lepas dari yang namanya sayuran, buah-buahan dan makanan super lainnya. Tapi selain itu, ternyata ada faktor lainnya yang kamu perhatikan. Ya, dia adalah daya serap tubuh terhadap asupan nutrisi dalam makanan tersebut.

Dengan kata lain, sebaik apapun makanan yang kamu konsumsi, semuanya akan terasa percuma jika tidak terserap sempurna oleh tubuh. Nah ever Ladies, agar nutrisi makanan yang kamu konsumsi nggak numpang lewat saja, mendingan perhatikan beberapa hal berikut ini.

Kombinasi Makanan

Ada beberapa makanan yang jika dikombinasikan akan semakin mempercepat proses penyerapan nutrisi masing-masing makanan tersebut. contohnya saja, kandungan vitamin C dalam tomat, akan membantu meningkatkan penyerapan catechin atau antioksidan dalam alpukat.

Tidak hanya itu, ada makanan yang dikombinasikan justru akan merusak nutrisi kedua bahan makanan tersebut. Contohnya saja adalah susu dan buah-buahan yang tinggi kandungan vitamin C-nya. Kedua makanan penuh nutrisi tersebut justru akan saling melemahkan.

Cara Pengolahan Makanan

Ketika kamu mengonsumsi sayuran sebagai salad atau lalapan, banyak orang yang menggunakan saus rendah lemak untuk membuat rasanya semakin lezat. Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya cara ini dapat menghambat nutrisi sayuran yang akan terserap oleh tubuh.

Solusinya, kamu bisa menambahkan sedikit minyak zaitun dalam salad atau bisa juga menggunakan minyak zaitun untuk menumis agar nilai nutrisinya lebih maksimal. Selain itu, agar nutrisi dalam sayuran lebih maksimal, sebaiknya jangan terlalu matang dalam memasaknya.

Faktor Eksternal

Faktor ekternal ini berhubungan dengan makanan lainnya yang biasa kamu konsumsi sehari-hari. Contohnya saja, minuman beralkohol. Minuman yang satu ini bisa mencegah penyerapan beberapa nutrisi dalam makanan, atau lebih parahnya lagi, bisa menghilangkan nutrisi tersebut.

Cara Mengonsumsi Makanan

Makanan yang dikonsumsi dengan cara mengunyah lebih lembut, akan cenderung lebih mudah diserap tubuh ketimbang makanan yang dikonsumsi tanpa dikunyah atau mengunyahnya nggak sampai lembut. Lebih parahnya lagi, malas mengunyah makanan bisa membuatmu cepat gemuk lho!

Nah ever Ladies, itu dia beberapa hal yang berpengaruh besar kepada penyerapan nutrisi makanan oleh tubuhmu. So, perhatikan hal-hal tersebut agar makanan yang kamu konsumsi benar-benar memberikan manfaat yang maksimal.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250