Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food Anda Berjerawat, Sembuhkan dengan Buah Ini
Food

Anda Berjerawat, Sembuhkan dengan Buah Ini

03, Februari 2014 14:02:51


Buah semangka sudah sering Anda jumpai di pasar tradisional maupun di supermarket. Ternyata, tanaman semangka masih memiliki kekerabatan dengan labu-labuan (Cucurbitaceae), mentimun (Cucumis sativus) dan melon (Cucumis melo). Semangka atau tembikai  adalah tanaman merambat yang berasal dari daerah setengah gurun di Afrika bagian selatan. Buah semangka memiliki kulit yang keras, berwarna hijau pekat atau hijau muda dengan larik-larik hijau tua. Daging buahnya yang berwarna merah atau kuning tergantung dari kultivarnya. Namun saat ini, Semangka merupakan buah yang lazim ditemui di hampir seluruh wilayah di Indonesia.

Buah yang memiliki kandungan air yang cukup besar ini menjadi buah yang cukup favorit terutama di daerah tropis seperti Indonesia. Warna merah pada semangka menandakan bahwa buah ini mengandung berbagai nutrisi, vitamin, mineral, kalium, betakaroten, vitamin C dan serat yang dibutuhkan oleh tubuh. makanya, mulai saat ini sediakan semangka sebagai salah satu makanan penutup di setiap menu harian Anda. Kandungan berbagai nutrisi dan vitamin yang melimpah pada semangka membantu menjaga dan mempertahankan kesehatan tubuh setiap orang.

Berikut manfaat semangka bagi kesehatan tubuh Anda:

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Semangka juga merupakan sumber vitamin C. Vitamin C memiliki fungsi membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah sakit di saat cuaca kurang baik atau sangat ekstrem.

2. Jantung Yang Lebih Sehat

Buah semangka merupakan sumber likopen. Likopen yang terkandung dalam buah semangka berperan penting untuk menjaga kesehatan organ jantung yang Anda miliki.

3. Mengurangi Lemak Pada Tubuh

Semangka merupakan jenis buah yang kaya akan kandungan citruline yang mana berperan mengurangi lemak berlebih yang berada di dalam tubuh Anda.

4. Perlindungan Dari Radikal Bebas

Berbagai asap pabrik, asap kendaraan bermotor serta udara kotor yang terhirup dapat memicu masuknya radikal bebas yang bisa mengancam kesehatan tubuh anda. Semangka mengandung senyawa karotenoid yang dapat menetralisir radikal bebas yang masuk ketubuh seseorang.

5. Organ Ginjal Yang Lebih Sehat

Mengkonsumsi buah semangka akan membantu meningkatkan aliran urine. Dengan lancarnya aliran urine maka akan berdampak pula pada kesehatan organ ginjal di didalam tubuh. Makanya Anda selalu ingin buang air kecil setelah mengkonsumsi semangka.

Selain berdampak baik bagi kesehatan tubuh, semangka juga memiliki efek baik dalam kecantikan kulit, antara lain:

1. Mencegah Penuaan Dini

Semangka merupakan sumber makanan yang kaya akan likopen, vitamin C dan vitamin A. Semua nutrisi ini dapat mengurangi paparan radikal bebas yang dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik hitam pada kulit. Kandungan antioksidan dalam semangka juga mengurangi deposito radikal bebas dalam tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit. Anda dapat menggunakan semangka sebagai masker dan mengonsumsi buahnya untuk mendapatkan hasil terbaik.

2. Obat Jerawat

Memijat kulit dengan masker semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka untuk mengatasi masalah kulit Anda. Cara membuat masker semangka: Masukkan sepotong kapas ke dalam jus semangka dan oleskan pada wajah setelah membersihkannya terlebih dahulu. Biarkan selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Jika Anda ingin membuat masker wajah dengan menggunakan buah semangka, jangan lupa tambahkan madu atau yogurt untuk mendapatkan hasil terbaik. Kemudian oleskan merata pada wajah dan leher.

 Jadi mulai saat ini cintai buah semangka dan rasakan kenikmatannya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang membacanya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250