Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food 8 Tips Ampuh Menanggulangi Munculnya Jerawat
Food

8 Tips Ampuh Menanggulangi Munculnya Jerawat

02, Maret 2014 10:14:52


Ladies, wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang menjadi perhatian utama bagi setiap orang, baik pria maupun wanita. Untuk itu banyak cara merawat wajah yang dilakukan untuk mendapatkan wajah yang sehat, putih, bersih dan terbebas dari jerawat. Jerawat biasa terjadi pada setiap orang terutama di masa remaja sehingga dapat merusak penampilan kecantikan seseorang. Jerawat dapat memalukan juga menyakitkan. Jerawat bisa timbul dari banyak hal, namun kehadirannya bisa dikendalikan. Tentu saja Anda harus merubah kebiasaan dan melakukan sedikit usaha ekstra untuk menghindari munculnya jerawat. Jerawat bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri seseorang. Lalu Ladies, bagaimana kita mengatasi jerawat yang sudah terlanjur bermunculan?

Berikut berbagai tips dan cara menanggulangi jerawat yang bermunculan:

1. Membersihkan Wajah Minimal Dua Kali Sehari

Cuci wajah setidaknya dua kali sehari di pagi hari dan sebelum tidur. Ladies, cuci lebih sering pada musim panas untuk mencegah minyak terakumulasi pada wajah. Dianjurkan mencuci wajah dengan air hangat sebelum menerapkan sabun karena air hangat membuka pori-pori di kulit sehingga memungkinkan penetrasi sabun yang mendalam pada kulit. Jangan gunakan sabun tubuh pada wajah karena dapat menyumbat pori-pori yang menyebabkan jerawat. Setelah menggunakan sabun, wajah harus dibilas menggunakan air dingin agar pori-pori tertutup kembali. Basuh juga bagian leher dan jidat setidaknya 2 kali seminggu dan pijat bagian wajah Anda dengan gerakan memutar.

2. Berikan Pelembab Pada Wajah

Orang dengan kulit berminyak harus menggunakan pelembab bebas minyak. Sedangkan orang yang memiliki kulit kering harus menggunakan krim dengan pelembab ekstra.

3. Hindari Penggunaan Make-Up Tebal

Hindari memakai make-up tebal, terutama pada remaja. Pilih make-up yang berbahan dasar/berpelarut air, alih-alih berpelarut minyak.

4. Menggunakan Pelembab Wajah

Selalu pakai pelembab wajah setiap akan beraktivitas diluar rumah, agar kulit wajah tetap terjaga dan terbebas dari sinar ultraviolet (UV) yang dapat menyebabkan flek hitam.

5. Produk Rambut Jangan Terkena Wajah

Saat mengenakan produk untuk rambut, usahakan jangan sampai kena ke wajah. Tutupi wajah Anda dengan handuk saat menggunakan minyak rambut, hairspray atau mouse. Setelah selesai mandi, jangan lupa kembali bilas wajah Anda untuk menghilangkan kemungkinan bekas shampo atau conditioner tertinggal di wajah.

6. Mengoleskan Madu Pada Wajah

Madu memiliki banyak khasiat penyembuhan dan pembersihan. Ladies, pori-pori wajah dapat dibuka dengan mencuci wajah dengan air dan mengoleskan madu setelahnya. Setelah madu dioleskan tunggu selama beberapa menit sebelum dibilas dengan air hangat. Wajah kemudian dibilas dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka.

7.  Jangan Memencet Jerawat

Selain proses penyembuhan jerawat menjadi lebih lama, tindakan ini hanya akan meninggalkan bekas permanen pada wajah.

8. Pola Diet Anda

Ubah pola diet Anda. Makan coklat, permen dan makanan berminyak dapat merubah gestur kulit Anda. Batasi asupan junk food, dapatkan lebih banyak vitamin dan ganti lifestyle Anda agar lebih sehat. Tidur yang teratur dan jangan biarkan tubuh kekurangan cairan.

Bagaimana Ladies, apakah Anda masih takut jerawat akan bermunculan dengan sangat hebat di permukaan wajah? Jangan sampai hal itu terjadi. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi Anda.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250