Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Food 5 Aturan Makan Agar Tercegah dari Penuaan Dini
Food

5 Aturan Makan Agar Tercegah dari Penuaan Dini

02, November 2013 13:01:27


Penuaan dini adalah salah satu permasalahan yang ditakuti oleh sebagian besar wanita. Mungkin kamu salah satunya yang tak ingin terlihat cepat tua. Meskipun begitu, penuaan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Namun ada beberapa cara untuk memperlambat proses penuaan dini . Salah satunya dan yang paling mudah adalah dengan mengatur asupan nutrisi yang kamu makan. Lebih jelasanya, silahkan kamu simak informasinya berikut ini.

1. Konsumsi makanan yang kaya akan protein dan zat antioksidan

Makanan yang kaya akan protein  dan karbohidrat kompleks terbukti membantu tubuh untuk membentuk otot dan mengurangi kelebihan lemak yang umumnya lemak akan bertamabah seiring bertambahnya usia. Sedangkan makanan yang kaya akan zat antioksidan akan menghambat munculnya garis-garis halus serta keriput pada bagian wajah.

2. Konsumsi gandum utuh

Sebuah studi di Amerika membuktikan bahwa seorang wanita paruh baya yang rutin mengkonsumsi roti  gandum memiliki lingkar pinggang yang ideal. Berbeda dengan para partisipan lainnya yang biasa mengkonsumsi roti tawar dan jenis karbohidrat biasa. Lingkar pinggangnya tiga kali lebih besar daripada wanita yang hanya mengkonsumsi roti gandum. Ini adalah bukti bahwa raoti gandum dan jenis karbohidrat kompleks lainnya sangat baik untuk mengontrol lemak serta mencegah munculnya lemak berlebih pada tubuh.

3. Perbanyak konsumsi ikan

Ikan adalah sumber protein yang disebut leptin. Leptin ini berfungsi seperti hormone dalam tubuh. Leptin juga mampu mengontrol nafsu makan yang berlebih sehingga berat tubuh akan terjaga. Jenis ikan yang sangat baik untuk kulit serta dapat memperlambat proses penuaan kulit adalah ikan salmon dan mackerel yang kaya akan Omega 3. Asam lemak Omega 3 ini berfungsi untuk mencegah munculnya kerutan pada wajah khususnya wajah wanita.

4. Minuman prebiotik

Minuman prebiotik banyak mengandung bakteri baik yang diperlukan oleh tubuh. Apalagi bagi kamu yang  akan menginjak usia  lebih dari 35. Pada usia di atas 35 tahun, jumlah bakteri baik di dalam tubuh akan berkurang secara signifikan sehingga sistem pencernaan akan berfungsi kurang maksimal. Akibatnya, perut jadi lebih sering kembung. Solusi terbaik  untuk menjaga sistem pencernaan tetap baik adalah dengan rutin minum minuman prebiotik seperti yoghurt.

5. Lembabkan kulit dari dalam

Seiring bertambahnya usia, kulit akan lebih mudah kering dan terkelupas. Hal ini disebabkan oleh karena kelenjar minyak pada kulit tak lagi menghasilkan kelembaban alami kulit yang cukup.  Efek lainnya dari kurangnya produksi kelembaban alami kulit adalah kulit menjadi kurang elastic serta timbulnya garis-garis halus di permukaan kulit wajah dan kulit tubuh. Agar kelembaban alami kulit kembali  meningkat, sebaiknya konsumsilah makanan yang kaya akan minyak alami seperti kacang-kacangan , buah alpukat, minyak zaitun, dan biji-bijian.

Jangan lupa juga tambahkan asupan nutrisi yang kaya akan zat antioksidan tinggi serta kurangi konsumsi garam agar selain tak mengalami penuaan dini, tubuh kamu juga akan selalu terjaga kesehatannya terutama dari berbagai penyakit kronis.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250