Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Seberapa Amankah Paparan Sinar Ultraviolet dari Matahari bagi Kulit ?
beauty

Seberapa Amankah Paparan Sinar Ultraviolet dari Matahari bagi Kulit ?

30, Mei 2014 15:22:34


Tak bisa dipungkiri sinar matahari sangatlah penting bagi kehidupan manusia bahkan sinar matahari dipercaya juga baik untuk kesehatan. Dalam pelajaran Sains kita telah belajar bahwa sinar matahari terbit di pagi hari mengandung vitamin D yang bermanfaat bagi kesehatan kulit namun di satu sisi lainnya sinar matahari juga bisa menyebabkan kanker kulit yang tentu saja merusak kesehatan kulit kita.

Supaya kita terhindar dari paparan sinar matahari yang membaharakan kesehatan kulit maka kita harus melindungi kulit kita dan cara yang paling sederhana adalah dengan mengenakan jaket atau payung supaya kulit kita tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Para ladies juga bisa menggunakan krim tabir surya guna melindungi kulit dari sinar matahari. Saat ini ada banyak jenis krim tabir surya dalam berbagai merk jadi para ladies punya banyak pilihan.

Satu hal yang perlu diingat saat memilih krim tabir surya adalah memilih produk tabir surya yang mengandung SPF. Ada beberapa kategori SPF yang terkandung dalam produk tabir surya jadi kita harus menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang tepat. Memilih kandungan SPF juga bisa tergantung dua hal yaitu kondisi kulit kita sendiri dan tingginya Index UV atau sinar Ultraviolet ditempat kita tinggal.

Apa itu Index UV ?

Index UV pada dasarnya adalah kriteria atau ukuran radiasi dari sinar matahari yang diterima di bumi yang juga tergantung dari kondisi geografis dan temperature setempat. Pada umumnya bisa di daerah timur rata-rata bisa dikatakan lebih panas daripada daerah di barat. Ini artinya rata-rata di timur index UV lebih tinggi daripada di barat.

Apa Pengaruh Index UV terhadap Kulit ?

Seperti penjelasan di atas semakin tinggi index UV berarti radiasi sinar matahari yang diterima di bumi lebih tinggi jadi artinya paparan radiasi semakin tinggi resikonya bila diterima langsung oleh kulit yang artinya juga semakin besar kerusakan yang bisa diterima oleh kulit.

Skala Index UV

Index UV yang ada di setiap daerah di bumi sangat beragam dan ini mengindikasikan bahwa radiasi sinar matahari yang diterima di bumi juga berbeda-beda. Secara global skala terendah untuk index UV adalah satu dan skala tertinggi adala sepuluh. Untuk Indonesia sendiri yang notabene terletak di garis khatulistiwa dan termasuk daerah tropis menerima sinar matahari yang cukup berlimpah. Ini juga artinya radiasi sinar matahari juga cukup banyak. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila negara kita memiliki index UV yang relatif tinggi yaitu antara delapan dan sembilan.

Pentingnya Mengetahui Index UV bagi Kita

Dengan mengetahui index UV maka para ladies bisa mengetahui jenis kulit, daya tahan kulit dan tingkat kandungan SPF dari tabir surya. Dengan demikian ini akan cukup membantu para ladies untuk memproteksi kulit dari paparan sinar UV dari matahari secara langsung.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250