Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Pembersih Berbahan Dasar Minyak vs Alkohol
beauty

Pembersih Berbahan Dasar Minyak vs Alkohol

19, Maret 2016 14:56:34


Pernahkan ever Ladies memperhatikan komposisi pembersih wajah? Beberapa produk ada yang dibuat dari bahan dasar air, alkohol, dan minyak. Mungkin ever Ladies juga sempat mendapati kebingungan mengapa pada produk pembersih mesti ada campuran minyak ataupun alkohol. Lantas pembersih berbahan dasar apa yang baik dipilih. Apakah pembersih berbahan dasar minyak atau alkohol?

Minyak dan alkohol menjadi bahan dasar yang paling banyak digunakan dalam produk kosmetik. Tidak terkecuali produk pembersih wajah. Agar ever Ladies semakin yakin dengan produk yang dipilih, pada kesempatan kali ini akan dikupas secara detail fungsi masing-masing bahan dasar pembersih tersebut.

Fungsi Minyak pada Pembersih

Bahan dasar minyak pada produk pembersih dapat membentuk lapisan tipis pada permukaan kulit. Lapisan tersebut berfungsi sebagai protective film atau pelindung guna menangkal penguapan air yang juga mencegah terjadinya dehidrasi kulit.

Minyak sebenarnya mempunyai sifat pembasah bagi keratin. Artinya dapat menjaga elastisitas kulit dan kelembutan kulit. Kandungan minyak dalam pembersih ampuh melarutkan kotoran dan sisa make up. Itulah mengapa, pembersih berbahan dasar minyak bisa menjadi salah satu pilihan ever Ladies. Namun, pastikan ever Ladies cermat memilih kandungan minyak alami mana yang lebih mudah diserap kulit. Tidak hanya itu saja, minyak alami biasanya juga kaya bahan aktif seperti hormon, vitamin, atau lesitin yang baik bagi kulit.

Fungsi Alkohol pada Pembersih

Alkohol adalah bahan pelarut organik seperti aseton, eter, dan kloroform. Perlu ever Ladies tahu, bahan-bahan tersebut sejatinya mudah menimbulkan reaksi iritasi pada kulit. Namun, masih ada batas penggunaan alkohol yang aman yakni sekitar 20-40%.

Tujuan penggunaan alkohol itu sendiri untuk banyak hal. Mulai dari meningkatkan permeabilitas kulit pada air, meningkatkan daya pembersih pada kotoran berlemak, bersifat sebagai desinfektan, dan mampu mengurangi tegangan permukaan kulit guna meningkatkan daya pembasah air.

Setelah mengetahui masing-masing fungsi bahan dasar untuk pembersih, tentu kini ever Ladies memiliki bahan pertimbangan. Namun, bila dibandingkan pembersih dengan bahan dasar minyak memiliki lebih banyak keuntungan. Diantaranya sebagai berikut:

  • Lebih efektif membersihkan kotoran ataupun minyak yang larut dalam minyak dan tidak larut dalam air.
  • Dapat menekan risiko kulit pecah-pecah dan kering.
  • Kandungan minyak pada pembersih lebih besar afinitasnya, yang berarti daya pembersihnya pun jauh lebih besar.

Meskipun terkadang pembersih berbahan dasar minyak dibanderol dengan harga yang agak lebih tinggi, jika mengingat benefitnya tentunya sepadan ya, ever Ladies. Tapi kembali lagi, sesuaikan dengan kebutuhan ever Ladies. Karena tidak ada yang mengenal kebutuhan tubuh ever Ladies lebih baik selain ever Ladies sendiri!




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250