Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Manfaat Tomat Untuk Kulit
beauty

Manfaat Tomat Untuk Kulit

05, Desember 2013 16:13:26


Mempunyai kulit sehat tidak harus mahal. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami, selain murah, bahan-bahan ini juga mudah didapat. Salah satu buah yang bagus untuk kulit adalah tomat. Tomat biasanya digunakan untuk sayur atau jus. Namun tahukah kamu khasiat tomat sangat berguna untuk kulit?

Tomat bisa membuat kulit tampak lebih segar. Kadang irisan tomat digunakan untuk kompres mata. Area mata merupakan area sensitif. Itu berarti tomat sangat cocok untuk kulit sensitif. Tomat juga berfungsi untuk bermacam-macam masalah kulit. Kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kulit.

Tomat adalah satu-satunya buah yang mengandung lycopene. Selain itu juga mengandung banyak vitamin yang berguna untuk kulit. Berikut adalah khasiat tomat untuk kulit :

1. Melindungi kulit dari sinar UV

Bisa dikatakan menjadi tabir surya alami. Caranya haluskan tomat terlebih dahulu. Kemudian balurkan ke tubuh yang terkena matahari. Kulit akan terhindar dari sinar UV matahari.

2. melembabkan kulit

Tomat bisa untuk mengembalikan kelembapan kulit. Caranya dengan mencampurkan dengan alpukat. Haluskan keduanya dan gunakan untuk masker. Diamkan selama 20 menit. Kemudian bilas dengan air hangat. Tomat mengandung asam jadi oleskan dulu di kulit tangan. Jika kulit yang diolesi tomat menunjukkan tanda-tanda iritasi, sebaiknya jangan digunakan.

3. Mengatasi jerawat

Kandungan asamnya bisa untuk menghilangkan jerawat. Selain jerawat juga bisa menghilangkan noda hitam wajah. Caranya tomat dihaluskan dan oleskan ke jerawat. Diamkan selama 30 menit. Lakukan tiap hari dan hasil akan tampak dalam 2 minggu.

4. Mengecilkan pori-pori

Campurkan tomat yang dihaluskan dengan perasan lemon. Taruh ke dalam mangkuk. Celupkan kapas kemudian oleskan ke wajah. Oleskan dengan gerak melingkar. Bilas wajah dengan air dingin. Cara ini bisa mengecilkan pori-pori pada wajah.

5. Mengatasi kulit berminyak

Kandungan vitamin A dan C dalam buah tomat bisa mengurangi kadar minyak di wajah. Asam amino pada tomat juga bisa mengatasi minyak berlebih. Minyak yang banyak pada wajah bisa menimbulkan jerawat.

6. Kulit lebih bersinar

Tomat bisa membuat kulit lebih putih dengan cepat. Caranya tomat dihaluskan dan dicampur dengan madu. Oleskan pada wajah selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

7. Menyembuhkan kulit terbakar matahari

Terkena sinar matahari dalam waktu lama, kulit bisa terbakar. Kamu bisa memanfaatkan khasiat tomat untuk mengobatinya. Caranya campur jus tomat dengan yoghurt. Kemudian oleskan pada kulit yang terbakar.

Tomat bisa membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa membuat masker untuk memutihkan wajah. Berikut adalah cara membuatnya :

  1. Siapkan tomat matang 1 buah. Susu cair sebanyak 250 ml. Kemudian siapkan air secukupnya.
  2. Haluskan tomat kemudian saring. Air sari tomat campurkan ke dalam susu cair. Aduk masker sampai merata
  3. Simpan masker ke dalam botol kecil. Masukkan ke dalam lemari es.
  4. Oleskan masker ke wajah dan diamkan selama 10 menit
  5. Bilas dengan air bersih
  6. Masker yang disimpan di dalam lemari es bisa bertahan selama 2 minggu.



Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250