Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Manfaat Terpendam Sayuran Kubis
beauty

Manfaat Terpendam Sayuran Kubis

20, Februari 2014 14:42:01


Kubis merupakan salah satu jenis sayuran yang berasal dari keluarga silangan atau keluarga Brassica, termasuk juga kembang kol, brokoli, kecambah brussels, dan kale. Sayuran ini dapat tumbuh di semua jenis tanah, namun alangkah baiknya jika ditanam pada tanah yang mempunyai tingkat kesuburan tinggi. Karena semakin subur tanahnya, maka kubis dan sayuran lainnya akan cepat tumbuh. Kubis diyakini berasal dari Asia dan Mediterania, serta menjadi salah satu tanaman sayur yang tertua. Jadi, kubis sudah lama tumbuh bahkan mungkin saja sebelum nenek moyang anda ada di dunia. Kubis juga menjadi jenis sayuran yang banyak dibudidayakan di dunia, baik di daerah tropis maupun subtropis. Kubis memiliki seandar 400 varietas di seluruh dunia, mulai dari warna hingga bentuknya. Ada yang berwarna putih, merah, hijau, dan ungu, namun umumnya yang sering ditemui adalah kubis yang berwarna hijau muda. Bentuknya mulai dari bulat hingga berbentuk kerucut.

Sayuran ini mulai banyak digemari oleh masyarakat karena merupakan sayuran yang ekonomis dan serbaguna serta mudah ditemui di supermarket apalagi di pasar. Selain itu, kubis dapat dinikmati dengan mudah baik dimakan mentah maupun dimasak. Biasanya kubis sering dijadikan sebagai pelengkap lalapan dan campuran bermacam-macam masakan. Selain lezat untuk dinikmati, kubis juga memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh serta kecantikan kulit. Kubis mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh. Serat sangat penting bagi tubuh dalam sistem pencernaan agar bisa berfungsi secara optimal.

Berikut beberapa manfaat kubis bagi kesehatan tubuh:

1. Mengatasi tukak lambung

Kubis adalah salah satu solusi terbaik untuk mengatasi tukak lambung (radang perut). Hal ini telah dibuktikan oleh salah satu universitas kesehatan di Stanford, kubis memiliki kandungan glutamin yang tinggi di dalamnya. Sehingga dengan minum jus kubis segar, anda dapat mengatasi resiko tukak lambung.

2. Mencegah Resiko Katarak

Kandungan beta karoten yang tinggi dalam kubis mampu membantu mencegah katarak dan melindungi terhadap degenerasi makula yang terkait usia.

3. Membantu Menurunkan Berat Badan

Nah, manfaat yang satu ini cocok bagi anda yang sedang melaksanakan program diet. Satu cangkir kubis yang dimasak mengandung sebanyak 33 kalori. Makanya, meskipun anda makan kubis sebanyak apapun tidak akan beresiko menaikkan berat badan malah justru meningkatkan kesehatan tubuh.

Nah, masih banyak lagi manfaat kubis bagi kesehatan tubuh. Namun yang terpenting adalah peran kubis dalam menjaga dan memperbaiki kecantikan kulit anda. Bagi anda yang suka kubis, perbanyaklah mengkonsumsi sayuran ini karena antioksidan di dalamnya mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan beberapa tanda penuaan. Namun, jangan khawatir bagi anda yang tidak suka mengkonsumsinya, buatlah sayuran kubis menjadi masker.

Berikut adalah cara membuat masker kubis:

  1. Ambil beberapa helai daun kubis lalu blender hingga menyerupai jus. Ingat, daun yang anda gunakan harus masih segar.
  2. Tambahkan 1 sdt ragi dan aduk hingga rata.
  3. Oleskan pada wajah dan leher serta diamkan selama 15 menit.
  4. Setelah mengering, cuci wajah hingga benar-benar bersih.

Jadi, mulai sekarang jangan hanya melihat kubis dari sebelah mata. Tapi, perhatikan juga manfaat besar lainnya.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250