Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Jaga Kesehatan Kulit Anda Dengan Si Hijau ini
beauty

Jaga Kesehatan Kulit Anda Dengan Si Hijau ini

22, Februari 2014 14:49:02


Ladies, sawi hijau merupakan sayuran yang termasuk dalam jenis sawi-sawian atau sering disebut juga dengan nama caisim. Sayuran ini sangat populer dan banyak digemari oleh masyarakat karena mudah dibudidayakan dan dimakan dalam bentuk apa saja. Biasanya sawi hijau sering digunakan sebagai campuran hidangan bakso atau mie ayam. Umumnya sayuran ini mudah tumbuh baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi. Apabila sawi ditanam pada dataran tinggi yang mempunyai suhu yang sejuk, tentu akan membuat tumbuhan ini cepat berbunga. Meskipun mudah tumbuh dimana saja, sayuran ini mempunyai sifat responsif terhadap perubahan lingkungan. Walau demikian Ladies, sawi merupakan tumbuhan yang sering dijadikan bahan tumbuhan percobaan untuk kesuburan tanaman, pemupukan, bioremediasi, dan gangguan karena kekurangan zat hara.

 

Sawi hijau memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh. Sayur sawi hijau memiliki banyak serat serta vitamin yang mempunyai peran penting dalam menjaga kesehatan tubuh serta melawan beberapa penyakit yang akan menembus tubuh kita.

 

Berikut adalah beberapa manfaat yang perlu diperhatikan pada sayuran yang mempunyai nama Brassica Juncea ini:

  1. Daun sawi yang segar merupakan sumber vitamin C. Ladies, tiap 100 gram daun sawi segar terdapat 70 mcg atau sekitar 117% vitamin C. Vitamin C (asam askorbat) merupakan anti oksidan alami yang kuat dan memberikan perlindungan terhadap flu dan radikal bebas seperti infeksi virus. Jadi, tubuh akan menjadi sehat dan terjaga dari beberapa penyakit yang mengancam tubuh. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu mengobati kulit yang terluka atau mengalami memar. Selain itu, vitamin C dan E dalam sawi juga dapat menurunkan kolesterol. Ada juga kandungan baik dari betakaroten yang mampu menurunkan kolesterol serta penyakit jantung. Sawi juga memiliki keunggulan pada kandungan seratnya yang tinggi sehingga baik bagi pencernaan. Serat yang terkandung dalam sawi juga berfungsi menurunkan gula darah dalam tubuh.
  2. Sayur sawi merupakan sayuran yang kaya akan anti oksidan tinggi, seperti: indoles, karoten, flavonoid, sulforaphane, zeaxanthin, dan lutein. Indoles, terutama kandungan di indolyl metana (DIM) dan sulforaphane memiliki manfaat yang besar dan nyata di kehidupan kita, yaitu: melawan prostat, kanker payudara, kanker usus dan kanker ovarium. Kanker ini dapat dicegah berdasarkan penghambatan pertumbuhan sel kanker dan efek sitosik pada sel kanker.
  3. Selain sumber vitamin C dan E, daun sawi juga merupakan sumber vitamin A. Vitamin A merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh karena mempunyai peranan untuk menjaga kesehatan selaput lendir dan kulit serta meningkatkan kesehatan indra penglihatan kita.
  4. Mengatasi osteoporosis. Sawi juga mengandung banyak vitamin K yang dapat membantu proses pembekuan darah. Selain itu Ladies, sawi juga mampu mengatur protein dan kalsium yang ada dalam tulang sehingga kita dapat terhindar dari osteoporosis.

 

Begitulah beberapa manfaat dari sawi, namun bagi anda penderita ginjal, kurangi mengkonsumsi sawi dengan takaran yang banyak karena sawi memiliki kandungan oksalat yang dapat menghambat penyerapan kalsium dalam tubuh dan menimbulkan pembentukan batu ginjal. Jadi Ladies, konsumsilah sayuran ini sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250