Silahkan Tunggu ...

Login


Or connect with



x

Sign Up

Create your account, it takes less than a minute.
If you already have an account login


Or connect with



x

Home Beauty Hubungan Antara Kegiatan Sosial Dengan Kesehatan Tubuh
beauty

Hubungan Antara Kegiatan Sosial Dengan Kesehatan Tubuh

18, Februari 2014 14:38:38


Membantu orang lain dalam agama sangatlah dianjurkan bahkan diwajibkan. Seperti yang telah dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an jika kita membantu orang lain dengan harta kita, kita itu tidak akan kekurangan. Dan uniknya lagi membantu orang lain ternyata bagus untuk kesehatan jantung remaja lho. Saya tahu dari artikel yang saya baca bahwa argumen itu hasil sebuah penelitian terbaru dari tim ilmuwan asal Kanada. Dalam survei itu, para peneliti menelaah 106 siswa kelas 10 dari sebuah sekolah menengah di Vancouver, Kanada.

Ratusan murid ini secara reguler melakukan kegiatan sosial, menjadi sukarelawan selama 10 pekan. Selama penelitian, para murid sukarelawan mengisi waktu satu jam dalam sepekan dengan bekerja di sekolah dasar. Mereka bekerja dalam program after- school bersama tetangga di lingkungan rumah mereka. Sebelum memulai kegiatan, para ilmuwan terlebih dulu mengecek lemak, peradangan, dan level kolesterol semua siswa. Ilmuwan University of British Columbia juga meneliti rasa percaya diri, kesehatan mental, suasana hati, dan empati siswa.

Tak hanya itu, ilmuwan juga membandingkan ke-106 siswa tadi dengan remaja lain yang belum mengikuti kegiatan sosial itu. Yakni mereka yang masih berada dalam daftar tunggu calon sukarelawan. Dan hasilnya, siswa dari kelompok sukarelawan mempunyai lemak tubuh yang lebih rendah ketimbang murid dalam daftar tunggu. Begitu juga dengan kadar kolesterol dan peradangan. Para sukarelawan pun mengalami peningkatan dalam empati dengan adanya kegiatan sukarela ini.dan bukan hanya itu saja, Perilaku altruistik dan kesehatan mental juga mengalami kemajuan pesat dalam kesehatan kardiovaskuler mereka. Schreier melakukan penelitian ini selama program doktoralnya. Kini, ia menjalani program postdoctoral di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York.

Riset Schreier ini memperlihatkan hubungan antara kerja sosial dan peningkatan kesehatan jantung, namun tidak menunjukkan hubungan sebab-akibat. Sangat menarik melihat bahwa intervensi social tak hanya mendukung anggota komunitas, tapi juga meningkatkan kesehatan remaja. Jadi untuk kita semua jangan sampai takut untuk membantu sesama karena kamu semua sudah bacakan artikel ini. Tidak hanya kesehatan jasmani saja yang kita dapatkan namun kesehatan rohani juga kita dapatkan. Hidup kita akan lebih tentram. Ya pasti. Betapa bahagianya kita bisa membantu saudara-saudara kita yang tengah berjuang untuk hidup lebih sejahtera. Masih banyak lagi saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita untuk bangkit kembali. Sebenarnya, jika kita berpikir lebih jauh lagi. Banyak manfaat yang kita dapatkan. Kesehatan jasmani ataupun rohani, ketentraman hidup kita, saudara-saudara kita yang kita bantu akan lebih bahagia dari sebelumnya. Walaupun tak banyak yang kita berikan kepada mereka. Namun, itu sedikit mengurangi beban saudara-saudara kita.




Dapatkan Update Tips-tips Terbaru
Cantiknya Kulit Sehat Bersama EverE250